Panduan Naik bus Transjakarta

Sebagai pengguna bus Tranjakarta sejati (hihihi), gua pengen berbagi tutorial naik bus TJ (baca: tije), nama bus TJ itu singkatan dari bus Transjakarta. Ada baiknya di kala macet dimana-mana, naik bus TJ merupakan pilihan tepat. Jalur jalanan yang khusus membuat kamu terhindar dari kejamnya macet dunia, tapi untuk naik bus TJ, anda lebih baik terlebih dahulu tahu medan perangnya seperti apa sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Bawa uang pas

Tiket naik bus TJ harganya IDR 3.500. Lebih baik siapkan pecahan koin lima ratus rupiah kalau tidak mau uangnya dikembalikan dalam bentuk pecahan tumpukan koin seratus rupiah yang diselotip atau uang seribu rupiah yang dilipet-lipet dan disempil pecahan koin dua ratus dan seratus. Selain bikin kantong jadi menggembung, efeknya ribet pas mau dipakai kembali.

2. Antri yang tertib

Mengantrilah yang rapi dan tertib. Buat apa? Kalau kamu menyerobot antrian orang terus ditegur kenceng-kenceng kan malu? Yah kecuali kamu gak tahu malu hehehe. Untuk hal satu ini dibutuhkan 2 hal yaitu:
1. Kesabaran
2. Kesabaran tingkat dewa

Menunggu bus TJ dateng seperti menunggu kapan hujan akan datang di musim kemarau. Bisa 5 menit, 10 menit, 30 menit, 1 jam juga bisa. Gak ada yang tahu, hanya Tuhan dan supir bus yang tahu. Lebih baik bawa cemilan dan kipas di tas, jadi kalau laper ya bisa makan sambil ngipas ngipas. Terus pakailah baju yang sopan dan berjaket, kalo gak mau bersinggungan keringet sama orang di sekitar kamu.

3. Naik bus TJ

Ini tahap penting dalam dunia per-bus-an. Setelah kamu naik, cepat-cepat cari pegangan terdekat. Paling aman sih tiang deket pintu atau pegangan tangan. Kalo pegangan tangan ilang semua, ya cengkram bahu atau peluk orang yang paling deket sama kamu. Agak menjijikkan sih tapi percaya deh hitungan 3 detik setelah naik, bus langsung tancap gas!

4. Selama perjalanan

Setelah bus mulai berjalan kembali, bila kamu perempuan pergilah ke area perempuan bagian depan, kalo kamu laki-laki pergi ke area belakang, kalo kamu pacaran dan gak mau misah, cukup di bagian tengah aja bersama kenek bus TJ :p

Udah gitu jangan heran selama perjalanan kamu menemukan kondisi bus yang bener bener memprihatinkan. Pintu gak tertutup sempurna, lantai bolong bolong, AC mati, pegangan tangan ilang entah kemana, kadang terlihat ada binatang berkeliaran. Ada baiknya juga kalo kamu pake sepatu. Kamu gak akan pernah tahu brutalnya orang-orang di sekitar kamu.

5. Pelajari rute

Ada baiknya sebelum pergi, baca rute yang tertera di seiap halte bagian atas. Kadang kenek bus enggak mengingatkan,  kadang informasi di bus gak nyala atau telat kasih info halte (seharusnya halte B tapi infonya bilang halte A), lebih absurdnya lagi kadang-kadang gak ada info.

6. Bawa mp3 player

Atau isi HP kamu dengan lagu-lagu top, kali aja bosen melihat pemandangan itu-itu aja, dengerin lagu merupakan pilihan yang menghibur.

Demikian tutorial dari gua. Selalu ingat barang bawaan, jangan sampe ilang, gak usah bawa barang berlebihan (kardus, tas segede gaban, dll) itu mengganggu kenyamanan,  saudara-saudara. Lebih baik naik taksi kalo bawa barang segudang.

Semoga bus TJ bisa meningkatkan kualitas pelayanannya dan sarana bus nya🙂

with love,
I.K

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: