Metode Menghitung Pakai Garis

Dulu pas gua masih sekolah, pelajaran matematika selalu jadi mata pelajaran yang menakutkan, entah itu karna pembimbingnya yang menurut gua rata-rata galak atau pelajarannya sendiri yang memang cukup memeras otak membuat pelajaran ini terasa kurang menarik.

Karena di pelajaran ini gua selalu dapet jelek, gua di les-in ke berbagai tempat dan guru. Hasilnya, ada peningkatan juga sih, yang tadinya 4, 5 naek jadi 6! Peningkatan lumayan kan? Kalo lagi hoki bisa dapet 7! Kalo itu guru matanya sutur dapet 100! *ini gak mungkin haha🙂

Tapi setelah 12 tahun lamanya (12 taun? lama juga ya?) gua bergulat dan berperang dengan matematika (jangan tanya kenapa kog gua bisa masuk IPA, gua juga heran) barulah gua sadar bahwa sebenarnya matematika itu gak nakutin hehe. Lebih mirip “the grinch” itu loh monster christmas berhati lembut🙂

Alasannya? Karena setiap soal matematika tuh ada cara cepetnya. Cuma karena di sekolah dan les, selalu diajarin cara susah mulu, jadi males mikir😦

Nih buktinya, contoh paling simpel cara ngitung perkalian 4 digit angka. Bayangin, kalo gak pernah les sempoa itung ginian mah musti nyoret-nyoret dulu di kertas!

Tapi pake metode ini tetep juga sih nyoret di kertas cuma lebih simpel aja. Perhatiin video di bawah ini deh🙂

Tinggal mencoret beberapa garis lalu dihitung titik pertemuan 2 garis lalu tralala… ketemulah hasilnya! Untuk lebih jelasnya silakan lihat lagi video di atas.

Kalau jumlah hitungannya lebih dari 1 digit. 1 digit pertama dijumlahkan ke angka sebelumnya sampai angkanya hanya benar-benar tinggal 1 digit.

Gak gitu susah ya kalo tau cara cepetnya? hehe salam lima jari🙂


 

 

Leave a Reply

