cara mudah naik pesawat


Gambarnya dicolong dari sini

Hayoo siapa yang belom pernah naik pesawat? Hehehe pasti masih banyak yang belom pernah naik dey *sok tahu minta ditampar*. Ya gak apa apa juga sih kalo belom pernah, begini ya menurut Badan Statistik Indonesia, bulan Maret 2012 penduduk indonesia berjumlah 29.130.000.000 jiwa. Dari jumlah tersebut, kan ada penduduk miskin tuh, nah jumlah penduduk miskinnya berkurang dari 11.050.000.000 jiwa menjadi 10.650.000.000 jiwa. Nah berdasarkan asumsi itu diperkirakan sudah banyak orang mampu naik pesawat tapi masih ada juga sih yang belom.

Ih asumsi dari mana siy itu? Terus apah maksudnyah cobah? Jadi karena diperkirakan (baca: kira kira sok tahu) sudah banyak yang mampu naik pesawat ditambah adanya low budget airlines wara wiri, artikel ini ditujukan kepada orang yang baru pernah naik pesawat supaya tahu cara naik pesawat yang baik dan gak malu-maluin hehehe *ribet ya nulisnya* ;p

1. KOPER

Pasti peginya bawa koper kan ya? Makanya kamu perlu tahu peraturan maskapai dalam masalah berat kopermu, biasanya sih koper yang dimasukkin ke bagasi maksimal 15 kg, dan koper yang dimasukkin ke kabin maksimal 7 kg. Kalo naik maskapai murah kamu mesti bayar biaya bagasi dan kalo kelebihan berat, harus bayar nominal tertentu. Jadi kamu harus pertimbangkan barang-barang yang dibawa pergi dan DIBAWA PULANG (biasanya pasti beranak cucu cicit kan), kecuali kamu gak masalah bayar kelebihan berat.

2. BAJU

Baju ituh penting loh dalam dunia penerbangan. Gak harus pake baju superman biar mirip gitu sih, yang penting kamu tahu iklim daerah yang kamu tuju, misal kamu pergi ke Bali, terus kamu pake baju berlapis-lapis, jaket tebel, sepatu plus kaos kaki, pas udah nyampe Bali kan aneh. Iklim tropis kog pake baju super duper mega tebel. Yah paling diketawain orang laen. Dalem hati. HAHAHAHA *ketawa cantik* ;p

3. MAKANAN

Hal selanjutnya adalah makanan. Yap makanan. Kamu bisa dapet makanan dan minuman gretong, kalo gak puas bebas nambah (minumannya ya maksudnya). Kalo kamu naik maskapai murah, harus beli sendiri. Caranya sebelum keberangkatan beli online di internet (cara ini bisa dapet diskon) atau pas hari keberangkatannya, belilah pas diedarin (harganya rada mahal dey). Oh ya tips pas take off, kalo kuping berasa pengang makan permen ajah buat meredakan. Kalo dibiarkan bisa bisa malah sakit kuping yang merajalela sampe sakit kepala loh *sedikit curcol* ;(

4. JANGAN NYOLONG

Nyolong itu melanggar firman Allah yang ke tujuh loh *sekilas info* hehehe…. Nyolong disini maksudnya jangan ambil peralatan makan maskapai, segala piring, sendok, garpu, cangkir, dsb apalagi nyolong tabung oksigen sebagai kenang-kenangan. Jangan deh ya, selain berbahaya, tambah berat kan bawanya. Kalo merasa tebel muka sih gak apa apa. “Gua gak nyolong, kan gua bayar ini maskapai, gua hanya mengambil apa yang menjadi hak gua seutuhnya” hihihi ;p

5. ALAT ELEKTRONIK

Barang super sexy ini memang menggoda dielus-elus tiap menit, tapi harap diingat (sekalian dicatet), kamu lagi naik pesawat. Pe-sa-wat, dimana nyawa hidupmu dipertaruhkan di dalam burung baja. Kalo mau umurmu lebih panjang mendingan setel henpon ke flight mode atau matiin aja semua alat elektonikmu sebab alat elektronik tsb bisa mengganggu kelancaran navigasi penerbangan.

6. JANGAN ISENG

Seperti poin di atas, nyawa kamu sedang dipertaruhkan di atas awan makanya lebih baik jangan iseng iseng buka pintu darurat karena cuma pengen tahu kaya gimana rasa anginnya. Atau iseng noel noel mesum ke mbak pramugarinya, atau iseng pura pura nakutin penumpang dengan berlagak jadi teroris. Teror, bom dan teman-temannya itu hal yang cukup sensitif di dunia penerbangan. Iseng iseng becanda model gini bisa mengakibatkan kamu ditangkep, diinterogasi, atau dilarang naik maskapai itu selama-lamanya.

Kira-kira begitulah tutorial naik pesawat buat pemula. Semoga kamu bisa naik dengan baik, benar, gak malu-maluin, bisa ngeliat awan walau sebatas kaca, dan bisa sampe ke tempat tujuan dengan sehat dan utuh. Amin, Tuhan memberkati :)

with love,
I.K

Tagged ,

Zodiak Taurus


Linknya dicolong dari sini

Kadang ngerasa ada benernya,
tapi…
kadang ngerasa kog SALAH SEMUA??!! *teriak elegan*

with love,
I.K

Tagged ,

Panduan Naik bus Transjakarta

Sebagai pengguna bus Tranjakarta sejati (hihihi), gua pengen berbagi tutorial naik bus TJ (baca: tije), nama bus TJ itu singkatan dari bus Transjakarta. Ada baiknya di kala macet dimana-mana, naik bus TJ merupakan pilihan tepat. Jalur jalanan yang khusus membuat kamu terhindar dari kejamnya macet dunia, tapi untuk naik bus TJ, anda lebih baik terlebih dahulu tahu medan perangnya seperti apa sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Bawa uang pas

Tiket naik bus TJ harganya IDR 3.500. Lebih baik siapkan pecahan koin lima ratus rupiah kalau tidak mau uangnya dikembalikan dalam bentuk pecahan tumpukan koin seratus rupiah yang diselotip atau uang seribu rupiah yang dilipet-lipet dan disempil pecahan koin dua ratus dan seratus. Selain bikin kantong jadi menggembung, efeknya ribet pas mau dipakai kembali.

2. Antri yang tertib

Mengantrilah yang rapi dan tertib. Buat apa? Kalau kamu menyerobot antrian orang terus ditegur kenceng-kenceng kan malu? Yah kecuali kamu gak tahu malu hehehe. Untuk hal satu ini dibutuhkan 2 hal yaitu:
1. Kesabaran
2. Kesabaran tingkat dewa

Menunggu bus TJ dateng seperti menunggu kapan hujan akan datang di musim kemarau. Bisa 5 menit, 10 menit, 30 menit, 1 jam juga bisa. Gak ada yang tahu, hanya Tuhan dan supir bus yang tahu. Lebih baik bawa cemilan dan kipas di tas, jadi kalau laper ya bisa makan sambil ngipas ngipas. Terus pakailah baju yang sopan dan berjaket, kalo gak mau bersinggungan keringet sama orang di sekitar kamu.

3. Naik bus TJ

Ini tahap penting dalam dunia per-bus-an. Setelah kamu naik, cepat-cepat cari pegangan terdekat. Paling aman sih tiang deket pintu atau pegangan tangan. Kalo pegangan tangan ilang semua, ya cengkram bahu atau peluk orang yang paling deket sama kamu. Agak menjijikkan sih tapi percaya deh hitungan 3 detik setelah naik, bus langsung tancap gas!

4. Selama perjalanan

Setelah bus mulai berjalan kembali, bila kamu perempuan pergilah ke area perempuan bagian depan, kalo kamu laki-laki pergi ke area belakang, kalo kamu pacaran dan gak mau misah, cukup di bagian tengah aja bersama kenek bus TJ :p

Udah gitu jangan heran selama perjalanan kamu menemukan kondisi bus yang bener bener memprihatinkan. Pintu gak tertutup sempurna, lantai bolong bolong, AC mati, pegangan tangan ilang entah kemana, kadang terlihat ada binatang berkeliaran. Ada baiknya juga kalo kamu pake sepatu. Kamu gak akan pernah tahu brutalnya orang-orang di sekitar kamu.

5. Pelajari rute

Ada baiknya sebelum pergi, baca rute yang tertera di seiap halte bagian atas. Kadang kenek bus enggak mengingatkan,  kadang informasi di bus gak nyala atau telat kasih info halte (seharusnya halte B tapi infonya bilang halte A), lebih absurdnya lagi kadang-kadang gak ada info.

6. Bawa mp3 player

Atau isi HP kamu dengan lagu-lagu top, kali aja bosen melihat pemandangan itu-itu aja, dengerin lagu merupakan pilihan yang menghibur.

Demikian tutorial dari gua. Selalu ingat barang bawaan, jangan sampe ilang, gak usah bawa barang berlebihan (kardus, tas segede gaban, dll) itu mengganggu kenyamanan,  saudara-saudara. Lebih baik naik taksi kalo bawa barang segudang.

Semoga bus TJ bisa meningkatkan kualitas pelayanannya dan sarana bus nya :)

with love,
I.K

Tagged ,

cintai aku sekali saja

ketika degup jantungmu terlalu sibuk
menghadapi jutaan kebohongan manusia
yang membuat aku tampak buruk
sekalipun aku tidak berbohong

ketika kamu pergi terlalu lama
bertemu dunia baru yang tak kumengerti
yang membuat aku jatuh bebas
sekalipun aku memegang erat tali hatimu

ketika kamu bertualang ke tempat jauh
tersesat tak tahu arah jalan pulang
dan aku akan mencarimu
sekalipun aku tak bernafas

cintai aku sekali saja
aku mohon

karena bila saatnya tiba
aku bisa pergi dengan senyum manis
bertengger di bibirku dan bacalah
sepotong surat kecil
di tanganku ini, bertuliskan

“terima kasih banyak”

*dibuat tanggal 25 Agustus 2012

with love,
I.K

Kembali menulis

Kalau dipikir-pikir, kadang gua suka terkejut kalo baca tulisan sendiri, kog gua bisa nulis sesantai ituh? Hahaha, padahal aslinya sih gua orangnya gak selalu santai, panikan iya, lebay apalagi.

Okeh, cukup intro-nya, kali ini (seperti biasa) gua gak disiplin nulis blog, setelah dari post terakhir terhitung 9 bulan sudah gua absen. Maap! (kaya ada yang baca dan menanti tulisan baru dey) hahaha ;p

Menghilang selama 9 bulan ngapain aja siiy? Jadi, dari bulan Maret-November bisa dirangkum seperti ini:

1. Meet old friend
2. Liburan ke Malaysia bersama keluarga tercintah
3. Beli sepeda (ini goal pas tahun baru 2012)
4. Quit my job and have new job in one month
5. Berat badan turun 2 kg
6. Punya favorit band musik baru, yaitu FUN
7. Temen hopeng (temen main) pergi ke China
8. Beli buku Naked Traveller 4, Akar by Dee Lestari, Joker, Bintang Bunting by Vabyo, Girls Talk by Lala Purwono
9. Punya cemilan favorit baru, yaitu ICE CREAM WALLS DOUBLE CREAMY
10. Punya favorit makanan baru, yaitu NASI GORENG

Kira-kira begitulah kejadian yang terjadi hahaha. So here goes quote yang cocok dibulan November:

When I hear somebody sigh, ‘Life is hard,’
I am always tempted to ask, ‘Compared to what?’
Sydney J. Harris

with love,
I.K

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.